Pengertian SSL Certificate Beserta Jenis-Jenisnya

Sebagai orang awam yang baru saja terjun ke dunia website atau blogging tentu bingung jika ditanya mengenai apa sebenarnya SSL certificate. Pengertian SSL certificate adalah sebuah file data yang bekerja secara digital dan membuat website anda otomatis dapat terenkripsi. Sehingga dengan ini data yang anda miliki tidak akan terbaca oleh tangan hacker yang mencoba meretas website anda.

SSL certificate ini jika anda instal pada server web, secara otomatis itu mengaktifkan gembok dan protokol Https dan juga dapat memungkinkan koneksi aman dari server ke web browser. Biasanya SSL certificate ini digunakan sebagai pengaman dari transaksi kartu kredit, transfer data login, dan baru-baru ini sering digunakan menjadi norma ketika mengamankan browsing dari situs media sosial.

Sebenarnya kita semua sudah sering menemui apa sebenarnya SSL itu, yaitu saat kita mengakses sebuah website dengan keterangan https diawal dan sebelum nama domain. Protokol https itulah yang di maksud SSL tersebut.

Setelah memahami apa sebenarnya arti dari SSL, berikut ini adalah beberapa jenis ssl yang juga wajib anda ketahui.

1. SSL single domain

Jenis dari SSL certificate pertama yang harus anda pahami dan ketahui adalah SSL single domain. SSL jenis ini adalah sebuah SSL yang hanya melindungi satu site dalam satu domain saja, sesuai dengan namanya yakni single domain. SSL single domain ini hanya berlaku untuk main domain atau satu sub domain saja.

2. SSL wildcard domain

Jenis kedua yang juga harus anda pahami jika sebelumnya sudah mengetahui pengertian SSL certificate secara jelas adalah SSL wildcard domain. Jenis SSL yang kedua ini jauh berbeda dengan yang sebelumnya, SSL wildcard ini adalah sebuah SSL yang dapat melindungi site main domain dan banyak sub domain sekaligus.

3. SSL greenbar

Jenis SSL berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk anda pahami adalah SSL greenbar. SSL greenbar ini adalah jenis SSL yang dilengkapi dengan keterangan nama perusahaan didepan protokol https. SSL jenis ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa percaya dari pengunjung website terhadap perusahaan pemilik website. Untuk bisa mendapatkan SSL jenis greenbar ini diperlukan pengajuan khusus dan proses yang dibutuhkan juga cukup rumit dibandingkan dengan SSL lainnya.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian SSL certificate dan jenis-jenisnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang dunia website dan SEO anda bisa mengunjungi anak SEO.com . Semoga informasi diatas bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *