Kesalahan Perawatan Mobil Toyota yang Paling Sering Terjadi

Sebagaimana diketahui, perawatan pada mobil merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, berbekal perawatan yang baik, performa mobil Toyota yang Anda miliki akan senantiasa baik dan gahar. Nah, Toyota BSD menjadi agen resmi Toyota untuk melakukan perawatan pada mobil Toyota Anda secara berkala.

Tentu, melakukan perawatan mobil Toyota berkala di bengkel resmi lebih disarankan. Pasalnya, ada standard baku yang ditetapkan serta jaminan suku cadang asli yang diberikan.

Hanya saja, meskipun kesadaran perawatan mobil cukup tinggi, namun ada beberapa kesalahan perawatan mobil yang masih kerap terjadi dan harus diantisipasi. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Simak ulasannya!

1. Tidak mengetahui jadwal perawatan rutin Seperti yang dibahas di awal, servis rutin dan berkala adalah salah satu bentuk perawatan mobil yang sangat penting. Dengan perawatan berkala, maka masalah pada mobil bisa diatasi dan performa mobil akan menjadi lebih stabil. Nah, kesalahan yang kerap terjadi adalah seseorang tidak memiliki jadwal perawatan rutin.

Meskipun terdengar sepele, namun hal ini sebenarnya cukup merepotkan. Pasalnya, tanpa adanya jadwal perawatan rutin, maka perawatan berkala tidak bisa dilakukan. Bisa jadi, jarak antara perawatan pertama dan kedua terlalu jauh sehingga kondisi mobil cenderung lebih parah.

2. Hanya melakukan penggantian oli Memang, penggantian oli menjadi salah satu bentuk perawatan mobil Toyota yang sangat penting, terutama oli mesin. Pasalnya, oli menjadi pelumas yang berfungsi untuk memaksimalkan performa mobil saat dikendarai. Hanya saja, kesalahan yang terjadi adalah perawatan dilakukan hanya mengganti oli saja.

Perlu diketahui bahwa penggantian oli saja tentu belum cukup dalam upaya perawatan mobil. Beberapa perawatan lain seperti pengecekan kondisi kelistrikan, cek kondisi kaki-kaki mobil dan lainnya tentu harus dilakukan. Nah, Toyota BSD menyediakan perawatan lengkap yang akan membantu seluruh kebutuhan Anda.

3. Tidak menggunakan suku cadang asli Dikarenakan faktor harga yang dirasa mahal, banyak pengendara yang akhirnya tidak menggunakan suku cadang asli ketika melakukan penggantian. Dari sisi ekonomi, mungkin hal tersebut cukup menguntungkan. Namun, dari sisi perawatan mobil, hal ini tentu merupakan sebuah kesalahan.

Penggunaan suku cadang asli menjadi hal yang sangat disarankan. Selain karena kualitas yang terjamin, suku cadang yang asli tentu akan memaksimalkan performa mobil Toyota yang Anda miliki.

4. Memanaskan mesin terlalu lama Memanasi mesin memang menjadi hal yang perlu dilakukan sebelum mengendarai mobil, terutama setelah dimatikan dalam waktu yang cukup lama. Dengan mesin yang sudah dipanasi terlebih dahulu, maka performa mesin pun nantinya akan cenderung lebih baik dan stabil. Hanya saja, kesalahan yang sering terjadi adalah seseorang memanasi mesin mobil mereka terlalu lama.

Kesalahan ini nantinya akan berpengaruh pada kondisi mesin. Jika mesin dipanaskan dalam waktu yang relatif lama, maka peluang mesin mobil overheating saat dikendarai cenderung lebih besar.

Beberapa hal di atas adalah ragam kesalahan perawatan mobil yang perlu dihindari. Untuk Anda yang ingin melakukan perawatan mobil Toyota secara profesional, Anda bisa berkunjung ke Toyota BSD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.