Cristobal Balenciaga, Pendiri Mode Fesyen Terkenal yang Introvert

Cristobal Balenciaga

Salah satu produk barang branded yang sudah mendunia yaitu Balenciaga, nama merk ini sudah tidak diragukan lagi akan keunikannya dan kemewahan dari produk branded salah satu ini. Maka tak jarang orang sedikit memiliki pamor yang tinggi jika sudah memiliki produk dari Balenciaga ini.

Bagi orang yang senang menggunakan dan mengoleksi Balenciaga ini pasti memiliki ketertarikan akan eksentriknya dunia fashion yang telah diciptakan oleh Balenciaga ini. Tapi untuk Anda yang sangat interest dengan produk Balenciaga ini, apakah Anda pernah berpikir mengenai siapa pendiri Balenciaga ini hingga mencapai titik kesuksesan yang mendunia ini?

Untuk Anda yang memang menyukai dengan produk Balenciaga ini, maka setidaknya Anda bisa tahu siapakah pendiri dari perusahaan Balenciaga ini dan mengerti bagaimana cerita latar belakang Balenciaga bisa mencapai sebesar ini dengan membaca artikel ini.

Latar Belakang Perusahaan Balenciaga yang Mendunia

Perusahaan Balenciaga yang Mendunia

Nama produk branded Balenciaga ini diambil dari nama sang pendiri dari perusahaan fashion besar ini yaitu Christobal Balenciaga Eizzaguire. Christobal Balenciaga ini awal membuka perusahaan ini dari tahun sekitar 1917 dengan mendirikan rumah fashion yang berada di San Sebastian dengan menggunakan namanya sendiri yaitu Christobal Balenciaga sebagai nama merk.

Namun pada tahun 1968, Christobal Balenciaga ini sempat menutup usahanya yang dia rintis ini dikarenakan ia merasa sudah tua untuk menggeluti dunia fashion ini dan Christobal Balenciaga memutuskan untuk pensiun dari dunia fashion yang sudah lama ia geluti kurang lebih selama 50 tahun.

Pada tahun 1986, seseorang yang bernama Jacques Bogart S. A. ini memperjuangkan nama perusahaan fashion yang telah dibangun oleh Christobal Balenciaga dan akhirnya Jacques Bogart mendapatkan hak izin atas label perusahaan Christobal Balenciaga dan membukanya kembali pada tahun 1986 juga.

Berjalan dengan seiringnya waktu, Balenciaga ini ketika awal pembukaan rumah fashion lagi di tahun 1986, rasanya memang seperti membuka rumah fashion baru lagi ke publik, hingga rumah fashion Balenciaga ini memiliki nama kembali di mata public pada tahun 1992 di bawah pengelolaan Joshepus Thimster.

Hingga saat ini Balenciaga dapat menjadi salah satu barang branded yang dapat bersaing ketat dengan barang branded lainnya seperti Christian Dior, Gucci, Chanel, Luis Vuitton. Kini kantor pusat Balenciaga berada di bawah pengelolaan Cedric Charbit dan Demna Gvasalia sebagai direktur kreatif dari Balenciaga.

Awal Mula Christobal Balenciaga Terjun ke Dunia Fashion

Christobal Balenciaga Eizzaguire ini lahir di daerah desa yang mana penduduk sana memiliki pekerjaan nelayan di Spanyol bagian utara. Christobal Balenciaga ini mulai masuk ke dalam dunia jahit menjahit pada usia 10 tahun yang mana ia diajarkan oleh ibunya sendiri yang berprofesi sebagai penjahit juga.

Ibu dari Christobal Balenciaga ini biasa memiliki beberapa klien keluarga bangsawan yang mana untuk membuat suatu gaun untuk beberapa acara tertentu. Keluarga bangsawan ini selalu meminta untuk dibuatkan suatu gaun yang mana dari gaun tersebut harus terlihat glamor dan mewah seperti Keluarga Marquesa de Casa Torres yang sangat suka dengan pekerjaan ibunya.

Melihat dari beberapa jenis pekerjaan ibunya, Christobal Balenciaga ini mulai mempelajari dan mencermati bagaimana hasil dari permintaan dari klien ibunya yaitu keluarga kerajaan. Mulai dari situ kemampuan Christobal Balenciaga ini mulai terasah dan lebih merasa peka terhadap keindahan dunia fashion.

Hal tersebut berlanjut dimana karena melihat betapa Christobal Balenciaga ini sangat penasaran dan tertarik sekali dalam dunia fashion, maka klien dari ibu Christobal Balenciaga, Keluarga Marquesa de Casa Torres ini memberikan satu kesempatan Christobal Balenciaga untuk belajar menjahit di San Sebastian.

Tidak hanya belajar menjahit dan mendalami dunia fashion di San Sebastian, Christobal Balenciaga ini pun juga magang di beberapa butik yang ada di kota San Sebastian yang mana dari beberapa butik tersebut memiliki banyak koneksi yang akan menghubungkannya pada pusat mode yang ada di Paris.

Perjalanan Awal Rumah Fashion Balenciaga

Christobal Balenciaga mencoba peruntungan yang ia miliki serta kemampuan dari Christobal Balenciaga terhadap pembuatan seni fashion yang akan disukai orang, pada tahun 1917 ia mencoba membuka rumah fashion sendiri dengan namanya sendiri sebagai merk yaitu Christobal Balenciaga di San Sebastian.

Setelah mendapatkan respon yang bagus atas rumah fashion pertamanya di San Sebastian, pada tahun 1922 Christobal mencoba untuk membuka cabang dari rumah fashion yang pertamanya di kota Madrid yang diberi nama EISA Costura.

Dari dua rumah fashion yang cukup membuat nama Christobal Balenciaga ini menjadi terkenal di Spanyol, ia ingin membuat suatu pergerakan di dalam dunia fashion yang mana Christobal Balenciaga ini membuka cabangnya yang ketiga di Barcelona.

Namun karena adanya akibat Perang Saudara di Spanyol, butik Christobal Balenciaga yang ada di kota besar Spanyol ini terpaksa untuk ditutup secara paksa semua butiknya yang dimiliki. Imbas dari adanya Perang Saudara tersebut akhirnya memaksa Christobal Balenciaga untuk berpindah ke Paris dan membawa bisnisnya ke sana.

Datangnya Christobal Balenciaga ini ke Paris dengan beberapa macam hasil karyanya, ia langsung mencoba untuk membuka rumah jahitnya untuk berbisnis dan juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat Paris, Christobal Balenciaga mengadakan sebuah fashion show untuk menunjukkan hasil karyanya.

Dalam fashion show yang digelar oleh Christobal Balenciaga ini, mengangkat tema yang terinspirasi dari klien ibunya yang membantu dalam perjalanan Christobal Balenciaga ini sampai menjadi desainer, yaitu dengan tema Kerajaan Spanyol yang berlatar waktu pada masa Spanis Reinessance.

Dengan kemewahan yang ditunjukkan pada fashion show yang diadakan oleh Christobal Balenciaga mampu membuat masyarakat Paris takjub dan terpukau. Sehingga pada saat itu banyak sekali masyarakat Paris langsung suka akan hasil dari Christobal Balenciaga yang menurut para kritikus merupakan seni dalam dunia fashion.

Christobal Balenciaga Si Jenius dalam Dunia Fashion

Christobal Balenciaga Si Jenius dalam Dunia Fashion

Semakin berkembang di Paris, Christobal Balenciaga selalu memunculkan karya hasil pakaian yang ia buat dengan jenis dan ragam yang sangat unik sekali. Berkat pergerakan dari Christobal Balenciaga ini dalam dunia fashion ia dapat dijuluki sebagai “Si Jenius dalam Dunia Fashion” seperti kata Christian Dior apabila ditanya mengenai Christobal Balenciaga.

Christobal Balenciaga ini pun dapat dibilang sebagai tokoh revolusioner dalam dunia fashion di Paris sebagai pusat mode fashion. Ia pun juga pada akhirnya membuat beberapa tokoh dalam dunia fashion muncul seperti Christian Dior, Hubert de Givenvchy, Madeleine Vionnet, Coco Chanel, dan Oscar de la Renta.

Bagi para tokoh yang bergerak di dunia fashion, mereka memandang Christobal Balenciaga ini sebagai sosok yang inspirator dan juga melihat ia sebagai mentor dalam mereka memulai untuk mencoba membuat beberapa karya hasil pakaian yang akhirnya sekarang pun juga menjadi salah satu brand terbaik di dunia.

Kejeniusan dari Christobal Balenciaga ini dilihat berdasarkan hasil karya yang dibuat, yang memang benar sekali unik dan eksentrik. Pasalnya Christobal Balenciaga ini merupakan salah satu desainer yang tidak membuat sketsa terlebih dahulu sebelum ia mulai mengerjakan pakaian yang akan dipamerkan ke publik dan dijual.

Menurut Christobal Balenciaga, ia berpendapat jika ia ketika membuat suatu karya seni yang berupa pakaian ini bukan lah dia yang menjadi perancang dari bentuk bagaimana hasil kain itu melalui sebuah rancangan atau sketsa, namun kain itu yang akan menuntun ia untuk dijadikan sebuah pakaian.

Mulai dari situ kejeniusan dari Christobal Balenciaga agak dikritik oleh para kritikus yang memang mungkin pada saat itu melihat hasil karya dari Christobal Balenciaga sebagai suatu hasil karya yang terlalu vulgar dan memiliki rasa yang buruk dalam karya seni pakaian.

Namun dari hal tersebut Christobal Balenciaga tidak pernah mendengarkan dari para kritikan kritikus yang menurut ia sebagai orang yang tidak mengerti akan keindahan seni. Dan Christobal Balenciaga ini pun tidak pernah merasa bersalah atas hasil karyanya yang dikatakan terlalu vulgar.

Hingga pada akhirnya Christobal Balenciaga ini sebagai pendiri Balenciaga, di tahun 1968 menutup rumah fashion yang ada di Paris karena ia merasa sudah terlalu tua dan sudah waktunya ia untuk pensiun dari dunia fashion.

Balenciaga di Masa yang Sekarang Menjadi Salah Satu Brand Mendunia

Berdasarkan beberapa peninggalan dari Si Jenius dalam Dunia Fashion, yaitu Christobal Balenciaga ini, perusahaan barang branded Balenciaga sampai sekarang berada di seluruh dunia untuk toko yang menjualkan produk Balenciaga.

Sampai saat ini Balenciaga memiliki banyak model dan jenis produk branded yang dipasarkan ke seluruh dunia, tidak hanya pakaian butik saja seperti masa lalu dimana Christobal Balenciaga memulai awal karir di dunia fashion. Kini produk Balenciaga diantaranya terdapat:

  • Topi, (Balenciaga Baseball Hats, Balenciaga Cap Fuschia)
  • Sepatu Sneakers (Balenciaga Triple S, Balenciaga Speed Trainer)
  • Tas (All Over Print Black Bag Balenciaga, Wheel Backpack Balenciaga)
  • Tas Wanita (Neo Classic Mini Top Handle Bag Balenciaga, Wave Tote Bag Balenciaga)
  • Baju atau T-Shirt (T-Shirt New Logo Balenciaga, T-Shirt Logo Playstation Sony Balenciaga)
  • Dompet (Zipper Long Wallet Balenciaga, Neo Classic Mini Wallet Balenciaga)
  • Dan beberapa jenis fashion lainnya

Di masa sekarang pun Balenciaga tetap berusaha untuk menjaga beberapa hal yang menjadi ciri khas dari pendiri perusahaan Balenciaga ini Christobal Balenciaga, yaitu keunikan yang selalu dibuat oleh Christobal Balenciaga yang membuat Balenciaga ini menjadi mendunia.

Produk dari Balenciaga sekarang pun tidak kalah uniknya seperti Arena Extra Large Shop Bag Balenciaga, ini adalah produk yang bisa dibilang terbaru dari Balenciaga, yang mana ini adalah kantong belanja biasa yang terbuat dari kulit kambing yang kuat serta ditambahkan dengan pernik emas asli yang ada pada logo Balenciaga.

Itu lah beberapa cerita sejarah mengenai pendiri Balenciaga yaitu Christobal Balenciaga yang merupakan sosok tokoh dalam dunia fashion yang sangat berpengaruh untuk perusahaan barang branded lainnya. Perjalanan dari Christobal Balenciaga yang memang tidak mulus dalam merintis usahanya dapat menjadi suatu contoh dalam kehidupan Anda.

Untuk Anda yang ingin membeli barang branded Balenciaga yang original, Anda bisa kunjungi website Voila.id dimana situs itu merupakan toko online yang aman dan terpercaya untuk mendapatkan barang branded ori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *